Membuat Gambar 3D dengan CorelDraw

6 Sep

Setelah tips Photoshop, pada kesempatan ini saya ingin berbagi tip tentang membuat gambar 3D dengan CorelDraw. Sebenarnya membuat gambar seperti tampak dibawah sangatlah mudah dibanding membuat vektor wajah jika Anda suka mengotak atik menu efek di CorelDraw. Tetapi kadang banyak yang tidak sabaran dan kebingungan sebelum mencoba. Cukup mudah, hanya menggunakan efek Lens dan sedikit kreatifitas untuk mebuat gradasi warna agar visual nampak makin 3D.

Oke, kita mulai saja step by step membuat tampilan 3D seperti gambar diatas :

1. Buka dokumen baru dengan Ctrl+N

2. Buatlah lingkaran yang diduplikasi sejajar. Gunakan Ctrl+D untuk memudahkan duplikasi. Saya membuat 10×10 lingkaran yang tersusun sejajar. Satukan seluruh lingkarang dengan group (Ctrl+G).

2. Buatlah lingkaran kemudian letakkan ditengah-tengah diatas lingkaran sejajar yang telah dibuat sebelumnya. Lihat gambar.

3. Bukalah menu Lens : Menu > Effects > Lens (Alt+F3). Setelah Anda klik Lens maka jendela baru akan muncul di sebelah kanan yang menunjukkan properti menu lens tersebut.

4. Pilih/select lingkaran yang besar kemudia di jelndela Lens yang sudah terbuka, klik pada dropdown menu dan pilih Fish Eye.

5. Lingkaran akan berubah tampilan menjadi menggelembung atau timbul. Proses awal bentuk sudah jadi. Lihat dimenu Lens, disana ada tulisan Rate: ….%. Defaultnya 100%, Anda bisa merubahnya, dimana prosentase semakin besar maka lingkaran akan semakin menggelembung dan seterusnya.

6. Setelah Anda menyesuikan bentuk sesuai selera, centang Frozen yang terletak dibawah Rate (di jendela Lens).

7. Sekarang pindah lingkaran yang sudah menggelembung tersebut. Bentuk tidak berubah karena sudah di frozen. Perlu diperhatikan bahwa lingkaran tersebut masih berada dalam 3 group. Jika Anda hanya ingin mengambil dot 3D, maka ungroup terlebih dahulu lalu hapus dua lingkaran lainnya (biasanya tidak kelihatan karena lingkaran berwarna putih tanpa outline).

8. Dari bentuk basic yang telah Anda buat, sudah nampak bentuk lingkaran 3D. Anda bisa bereksplorasi dengan berbagai gradasi warna serta bentuk lain yang lebih menarik.

Effect Lens bisa diterapkan pada shape maupun teks. Silakan mencoba dengan bentuk-bentuk lain dan menghasilkan gambar yang lebih menarik dengan CorelDraw. Efek seperti ini bisa diterapkan pada pembuatan poster atau logo agar visualisasi lebih menarik.

About these ads

5 Responses to “Membuat Gambar 3D dengan CorelDraw”

  1. IT Newbie Saturday, 14 January, 2012 at 7:54 pm #

    Thanks kk atas share-nya..
    ijin latihan..:D

  2. riefky23 Wednesday, 14 March, 2012 at 5:56 pm #

    Keren gan….
    izin untuk belajar y…

  3. abee Wednesday, 4 April, 2012 at 4:26 pm #

    makasih banyak ilmunya..mudah2an manfaat..

  4. saodah Sunday, 9 September, 2012 at 12:35 pm #

    cucoooooooooooooooooook markucoooooooooook

Trackbacks/Pingbacks

  1. CorelDraw: Mengurangi Jumlah Node pada Obyek « Belajar Desain - Wednesday, 28 December, 2011

    [...] mengulas CorelDraw. Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara mengurangi node secara otomatis pada obyek kurva. [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 46 other followers

%d bloggers like this: